nge tag

Posted by Mike | Posted in | Posted on 10:26 AM

duh numpang info buat nge tag yak biar aku gak lupa.. hihi.. :D

okay. step one. beresin tag internal dalam file. that means: title, artist, album, year, genre, comment, track number, disc number, sama cover art if available. gunakan "feat." sebagai akronim "featuring". gunakan "," dan "&" sebagai akronim kolaborasi antar artis. pastikan sinkron antara id3v2 dengan id3v1.

step two. tentunya benahin fisik eksternal file. apabila satu album, nama file ditulis "track number - song title", sedangkan apabila satu single, nama file ditulis "artist - song title". pastikan tidak ada file lain seperti citra sampul, media lain, teks, lirik, info, dsb.

terakhir, benahin struktur single atau album. beri nama yang sesuai untuk album ("artist - album title") dan letakkan pada direktori yang sesuai. tambahan. very useful untuk mengatur atribut file dan folder ke +read-only, +archive, -hidden, -system secara rekursif dalam folder music. atribut read-only akan menjaga penghapusan file secara tidak sengaja dan atribut archive mengindikasikan bahwa seandainya dilakukan backup data, maka file ini akan masuk kompilasi.

hmm.. should be all that.

Comments (0)